Minggu, 27 Desember 2009

Ms. Excel

MEMBUAT APLIKASI DENGAN MS. EXCEL 2003



* Pengenalan lembar Kerja Excel *


Catatan

  • Formula Bar adalah : tempat dimana kita menuliskan rumus formula, tapi harus diingat bahwa penulisan rumus formula bukan berupa angka melainkan alamat cell / cell addressnya.
  • Setiap kali menuliskan formula yang diperlukan harus selalu diawali dengan tanda sama dengan (=) atau tanda tambah (+).
  • Name Box adalah : tempat yang menunjukkan alamat dari cell / address cell yang ditunjuk oleh pointer.
  • Name box mencatat alamat cell pointer dengan diawali pencatatan nama kolom (A-IV) selanjutnya nomor baris (1-65536).




* Mengatur Gerak Cell Pointer *






* Jenis Data Pada Cell *

1. Konstanta, terdiri dari 4 jenis type data yakni : Character, semua huruf dan angka yang tidak dapat digunakan dalam melakukan perhitungan yakni A-Z, a-z, dan 0-9

2. Formula seperti rumus yang selalu diawali dengan tanda sama dengan (=) atau tanda tambah (+).





* Pemakaian Fungsi pada Ms. Excel *

1. Operator Perhitungan Ms. Excel
Penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pangkat dilakukan dengan cara menuliskan alamat selnya bukan angkanya pada formula bar.

Contoh


  • Penjumlahan : =A1+B1 atau +A1+B1.
  • Pengurangan : =A1-B1 atau +A1-B1.
  • Perkalian : =A1*B1 atau +A1*B1.
  • Pembagian : =A1/B1 atau +A1/B1.
  • Pangkat 2 : = A1^2 atau A1^2.




* Fungsi Bantu Statistik *


1. Max (Range) : mencari nilai terbesar dari suatu range.

2. Min (Range) : mencari nilai terkecil dari suatu range.

3. Sum (Range) : mencari jumlah dari isi data yang terdapat pada suatu range.

4. Average (Range) : mencari nilai rata-rata dari suatu range.

5. Count (Range) : mencari jumlah data yang terdapat pada suatu range.




* Fungsi Kelompok Text *


1. Left : mengambil karakter yang ada di sebelah kiri dari satu kesatuan karakter. Penulisan : =LEFT(teks, jumlah_karakter)

2. Right : mengambil karakter yang ada di sebelah kanan dari satu kesatuan karakter. Penulisan : =RIGHT(teks, jumlah_karakter)

3. Mid : mengambil karakter yang ada di tengah dari satu kesatuan karakter. Penulisan : =MID(teks, angka_awal, jumlah_karakter)

4. Upper : mengubah semua karakter dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadi huruf besar / kapital. Contoh : =UPPER(“saya”) menghasilkan SAYA

5. Lower : mengubah semua karakter dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadi huruf kecil. Contoh : =LOWER(“SAYA”) menghasilkan saya

6. Proper : mengubah karakter pertama dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadi huruf besar / kapital dan mengubah huruf berikutnya dengan huruf kecil. Contoh : =PROPER(“saya sedang praktikum”) menghasilkan Saya Sedang Praktikum

7. Len : mengambil karakter terkiri sejumlah yang dinyatakan pada argumen jumlah_karakter. Contoh : =UPPER(“Praktikum”) menghasilkan 9

8. Text : mengubah angka menjadi teks dengan jumlah desimal sesuai yang dinyatakan pada argumen format_teks. Penulisan : =TEXT(angka, format_teks) Contoh : =TEXT(100/4,“0.00”) menghasilkan 25.00

9. Dollar : mengubah angka menjadi teks mata uang dolar, disertai pembulatan dan jumlah desimal menurut argumen jumlah_desimal. Penulisan : =DOLLAR(angka, jumlah_desimal) Contoh : =DOLLAR(22/7,6) menghasilkan $3.142857. =DOLLAR(22/7,5) menghasilkan $3.14286.

10. Char : mengubah angka antara 1 sampai 255 menjadi karakter kode ASCII. Contoh : =CHAR(125) menghasilkan }.

11. Code : mengubah karakter pertama menjadi kode ASCII. Contoh : =CODE(“Infor”) menghasilkan 73. =CODE(“Ikan”) menghasilkan 73 juga.





* Fungsi Bantu Logika *



  • And (Logical 1,logical 2,…,logical 30) ? menghasilkan argument true jika semua logika benar.
  • Or (Logical 1,logical 2,…,logical 30) ? menghasilkan argument true jika salah satu logika benar.
  • Not (Logical) ? menghasilkan kebalikan logika.
  • If (Logical Text, Value True, Value False) ? menghasilkan argument dengan pemenuhan syarat yang telah ditentukan



* Fungsi Absolut *

Fungsi penggunaan absolut ini adalah apabila kita tidak ingin referensi cell berubah saat suatu formula disalin, buatlah referensi cell absolut dengan mengetik tanda dillar ($) atau tekan F4 apabila pengetikan referensi cell yang anda ingin tidak berubah. Seperti formula =D4 berubah saat anda salin ke cell lain, tetapi $D$4 selalu merujuk pada cell yang sama.

0 komentar:

Posting Komentar